Pedoman Ejaan yang Disempurnakan 2016


          
           Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia 2015



Ejaan yang Disempurnakan (disingkat EYD) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku dari tahun 1972 hingga 2015. Ejaan ini menggantikan Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi. Ejaan yang Disempurnakan digantikan menjadi Ejaan Bahasa Indonesia sejak tahun 2015 berdasarkan Peraturan Menteri tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah salinan atas pedoman tersebut.





Salinan


                   Baca selengkapnya

                1. Pemakaian Huruf 


                   Baca selengkapnya

                2. Penulisan Kata

                   Baca selengkapnya

                3. Pemakaian Tanda Baca

                   Baca selengkapnya

               4. Penulisan Unsur Serapan

                   Baca selengkapnya



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perubahan-Perubahan dalam Ejaan Bahasa Indonesia

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------



1947 : Ejaan Soewandi                     Ejaan Soewandi atau Ejaan Repoeblik merupakan pedoman ejaan pertama yang dipakai sejak Maret 1947.

1967  : Ejaan Baru                             Ejaan yang dikeluarkan oleh Lembaga Bahasa dan Kesusasteraan. Ejaan ini juga disebut sebagai Ejaan LBK.  Ejaan ini merupakan lanjutan dari Ejaan Malindo yang merupakan kerjasama antara Indonesia dan Malaysia.

1972: EYD                                           Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan berlaku sejak 16 Agustus Mei 1972. Ejaan ini juga merupakan hasil kerja sama Indonesia dengan Malaysia.

1975: EYD                                           Pada tahun ini, Pemerintah memberlakukan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 27 Agustus 1975 Nomor 0196/U/1975.

1987 : EYD                                          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0543a/U/1987 tentang Penyempurnaan "Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan". Keputusan menteri ini menyempurnakan EYD edisi 1975.

2009: EYD                                           Pada tahun 2009, Menteri Pendidikan Nasional mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Dengan dikeluarkannya peraturan menteri ini, maka EYD edisi 1987 diganti dan dinyatakan tidak berlaku lagi.


2015: EBI                                            Ejaan Bahasa Indonesia diberlakukan oleh Pemerintah dengan Keputusan Menteri No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia.



EmoticonEmoticon